Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut


Merawat kesehatan gigi dan mulut sudah menjadi kewajiban bagi seseorang. sebab, kesehatan gigi yang buruk dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti gigi berlubang, gusi bengkak, dan bau mulut. Lalu apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut? yuk, simak beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga secara maksimal.

1. Menggosok Gigi Secara Teratur

             

Menggosok gigi minimal dua kali sehari dalam sehari sangat dianjurkan karena dapat membantu dalam mengurangi plak dan resiko gigi berlubang. Waktu yang tepat untuk menyikat gigi yaitu malam sebelum tidur dan pagi setelah sarapan. Menggosok gigi pada malam sebelum tidur membantu mencegah penumpukan sisa makanan pada gigi dan sedangkan menggosok gigi pagi setelah sarapan membantu membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi.

2. Gunakan Benang Gigi

Tidak banyak orang yang sadar bahwa benang gigi sangat efektif untuk mengangkat sisa-sisa makanan yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi biasa. Dengan menggunakan benang gigi secara rutin, kamu bisa memastikan tidak ada sisa makanan yang terselip di antara gigi atau di sela-sela gigi dan gusi. Sisa makanan yang terselip ini jika dibiarkan bisa menimbulkan karang gigi yang akhirnya merusak lapisan email dan melubangi gigi 

3. Gunakan Pasta Gigi Berfluoride

Fluoride adalah unsur alami yang dapat ditemukan di banyak hal, seperti air minum dan makanan yang  dikonsumsi. Fluoride digunakan untuk menguatkan enamel gigi. Fluorid juga merupakan pertahanan utama terhadap kerusakan gigi yang bekerja dengan memerangi kuman yang dapat menyebabkan kerusakan, serta menyediakan perlindungan alami untuk gigi . Oleh karena itu, gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride.

4. Sering Konsumsi Buah dan Sayur 

Mengonsumsi sayuran dan buah yang segar serta renyah dapat menstimulasi perkembangan rahang, khususnya bagi anak-anak. Mengunyah buah segar yang mengandung banyak air juga bisa membantu membersihkan permukaan gigi dari sisa-sisa makanan lengket seperti permen. Selain itu, nutrisi yang terkandung pada sayur maupun buah dapat menunjang kesehatan gigi maupun rongga mulut secara keseluruhan. 

5. Kurangi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis 

Menjaga kesehatan gigi dan mulut juga dapat dilakukan dengan membatasi konsumsi minuman dan makanan manis, seperti minuman berenergi, bersoda, biskuit, roti, dan kue. Hal ini karena minuman maupun makanan manis yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan gigi berlubang.

6. Periksa Ke Dokter Gigi Secara Rutin 

Hal yang sering diabaikan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali. menurut ahli, pemeriksaan ke dokter gigi berguna untuk memeriksa kondisi gigi dan membersihkan karang gigi yang menumpuk, sehingga kebersihan gigi tetap terjaga serta mencegah timbulnya kerusakan pada gigi.


Komentar